Kata Bill Gates, Elon Musk Bisa Membuat Twitter Semakin Buruk

Kata Bill Gates, Elon Musk Bisa Membuat Twitter Semakin Buruk

Anda mungkin sudah tahu jika Elon Musk sudah resmi membeli Twitter senilai USD 144 miliar atau jika dirupiahkan mencapai Rp 635 triliun dan dibayar secara tunai. Anda pula rencana dari bos SpaceX dan Tesla ini telah diungkapnya sejak bulan April lalu, dimana pada waktu itu Elon Musk berencana membeli Twitter seharga USD 54,20 per lembar dari sahamnya tersebut. 

“Kebebasan berbicara merupakan landasan untuk bekerja secara demokrasi dan Twitter merupakan tempat di mana semua orang dapat berdiskusi tentang isu-isu penting untuk masa depan manusia,” ungkap Elon Musk pada sebuah pernyataan di siaran pers. 

Selain itu, beliau juga menambahkan, “Saya akan membuat Twitter menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya dengan cara meningkatkan produk melalui berbagai fitur baru, mengalahkan bot spam, membuat algoritma open source serta mengautentikasi seluruh orang.” 

Kesepakatan tersebut pun disambut dengan sangat baik oleh Parag Agrawal selaku CEO dari Twitter. Ia mengungkapkan, “Twitter mempunyai tujuan dan juga relevansi yang bisa memiliki dampak besar di seluruh dunia.” 

“Sangat bangga kepada tim kami dan juga terinspirasi dari pekerjaan yang selalu lebih penting,” ungkap Parag. 

Sebelumnya, perusahaan telah mempunyai rencana lain yang akan dijalani guna mempertahankan diri jika Twitter dibeli oleh Elon Musk. Pada waktu itu, Twitter mengungkapkan dewannya dengan suara yang bulat untuk mengadopsi apa yang dikatakan rencana hak pemilik saham, yang juga terkenal menjadi poison pill. 

Kata Bill Gates, Elon Musk Bisa Membuat Twitter Semakin Buruk

Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan juga tampak semakin “mencair” dengan berbagai penawaran yang diberikan oleh bos Tesla itu. Raksasa sosial media tersebut dikatakan sekarang “mengambil perspektif baru” untuk tawaran dari Elon Musk, dan bisa jadi akan terlibat untuk negosiasi, berdasarkan The Wall Street Journal. 

Sumber Reuters sebelumnya mengatakan, Twitter akan kembali meninjau penawaran dari Elon Musk dengan saran yang diberikan oleh Wilson Sonsini Goodrich & Rosati dan Goldman Sachs. 

Selain itu, belum lama ini nilai saham dari Twitter juga meningkat hingga 12% dalam perdagangan. Sementara itu, nilai saham dari Tesla justru sedang menurun sebanyak 1%. Berdasarkan dari dari Refinitiv, jumlah seluruh tawaran dari Elon Musk tersebut dihitung menurut 763,58 juta lembar saham yang telah beredar. 

Terlepas dari seluruh tawaran itu, Elon Musk yang meyakini dirinya menjadi pendukung kebebasan berbicara itu sebelumnya mengomentari Twitter. 

Baru-baru ini, bos Tesla tersebut juga membuat polling di Twitter, menanyakan kepada para followersnya apakah Twitter telah mematuhi seluruh prinsip kebebasan untuk berpendapat. Sebagai informasi, Elon Musk sekarang memiliki 80 juta lebih pengikut semenjak dirinya bergabung dengan Twitter pada tahun 2009 yang lalu. 

Selain itu, Elon Musk juga memakai Twitter guna membuat berbagai pengumuman yang berhubungan dengan bisnis yang dimilikinya.

Nah, belum lama ini Bill Gates sebagai pendiri dari Microsoft, memberikan kritik pedas untuk Elon Musk mengenai pembelian Twitter. Ia mengatakan jika Twitter dapat menjadi sangat buruk jika berada di tangan Elon Musk. 

“Sebenarnya dia dapat memperburuknya (Twitter),” ungkap Gates, dikutip dari Kompas.com, Senin (30/5/22). 

Menurut Gates, Twitter bukanlah sebuah “makanan” Elon Musk. Gates juga tidak yakin jika Elon Musk dapat membawa sosial media ini ke arah yang benar. Walaupun begitu, Gates tidak terlalu menyudutkan Elon Musk. Ia tetap mengapresiasi kinerja dari Elon Musk untuk SpaceX dan Tesla. 

“Itu bukanlah rekam jejaknya. Rekam jejaknya adalah SpaceX dan Tesla cukup mengejutkan bisa mengumpulkan tim yang dengan berbagai orang hebat,” ungkap Gates. 

“Saya sedikit ragu, kita perlu berpikir secara terbuka dan jangan meremehkan Elon Musk,” lanjut Gates. 

Di beberapa waktu yang lalu, memang terjadi perselisihan antara Bill Gates dan Elon Musk. Di akhir bulan April kemarin, Elon Musk menuduh jika Bill Gates telah melakukan short sell pada saham Tesla. Tuduhannya tersebut ditanggapi oleh Bill Gates yang mengatakan jika short selling hanya bentuk dari verifikasi dari investasinya. 

Kemudian Musk juga memanas-manasi Gates di dunia maya lewat unggahannya yaitu gambar Gates yang dibandingkan oleh salah satu emoji. Berikutnya, Elon Musk membeli Twitter dengan harga yang fantastis seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Sesudah Elon Musk membeli Twitter ini, maka Twitter telah resmi sebagai perusahaan privat dan tidak lagi menjadi perusahaan publik yang berada pada bursa saham AS. Lalu, para pemilik sahamnya juga akan mendapatkan 54,20 dollar AS atau senilai Rp 750 ribu secara tunai untuk per lembar saham yang mereka miliki. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai Elon Musk yang membeli Twitter dan komentar dari Bill Gates. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda yang ingin memperluas ilmu pengetahuan di bidang ini. Kita doakan juga semoga Twitter bisa berkembang lebih baik di tangan Elon Musk.