4 Tips Terhindar Pinjaman Online Ilegal

4 Tips Terhindar Pinjaman Online Ilegal

Untuk Anda yang sering mengajukan pinjaman online perlu untuk berhati-hati dalam memilih dan menentukan platform pinjaman. Hal ini ada banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan dan membuat Anda terjebak di dalam pinjaman tersebut. Dengan demikian, perlu pertimbangan matang dan jangan sampai salah jalan. 

Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman yang terpercaya, maka perlu seleksi dan melakukan survei terlebih agar tidak salah langkah. Apabila Anda terjebak di dalamnya, maka ada banyak kerugian yang dialami nantinya. Nah, melalui artikel kali ini kami mencoba mengajak Anda untuk menghindari memilih penyedia layanan pinjaman online yang ilegal, mari kita bahas. 

Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal

1. Melakukan Pengecekan Legalitas

Sebelum Anda mengajukan pinjaman online, maka lebih baik untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu agar tidak salah langkah dalam memutuskannya. Pada tahap ini, Pemerintah Indonesia melalui OJK terus berupaya untuk memberikan yang terbaik agar masyarakat tidak terjebak dan mengalami banyak permasalahan pinjaman nantinya. 

Untuk Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dengan berbagai kebutuhan, OJK memberikan kemudahan untuk memperhatikan status penyedia layanan pinjaman tersebut. Prosesnya juga cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hal ini sebagai bentuk pencegahan agar Anda tidak salah langkah dan mengalami kerugian nantinya. 

Cara untuk mengetahui status dari penyedia pinjaman tersebut dapat melihat dari status lewat laman OJK dengan mengunjungi www.ojk.go.id. Bukan hanya itu saja, jika Anda ingin lebih praktis bisa menghubungi lewat Whatsapp, email, dan telepon secara langsung. Tinggal cari penyedia pinjaman dan lihat status legalitasnya. 

Apabila Anda menemukannya dan masuk dalam pinjaman online yang terpercaya, maka tidak ada salahnya Anda mengajukan pinjaman. Bagian satu ini termasuk penting untuk dipertimbangkan, jika Anda salah dalam melakukannya akan ada banyak kerugian yang akan didapatkan dan ditemukan nantinya, sehingga harus bijak. 

2. Memperhatikan Kemudahan Pengajuan 

Hadirnya pinjaman online memang memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat, sehingga semuanya tidak sulit untuk didapatkan secara menyeluruh. Apabila Anda ingin merasakan pinjaman online dengan kebutuhan mendesak atau bidang lainnya, pinjaman online ada untuk memenuhinya dengan berbagai persyaratan yang tidak terlalu sulit. 

Penting untuk menjadi pertimbangan mengenai proses pengajuan, kemudahan bukan berarti menghilangkan beberapa kebutuhan yang lainnya. Prosesnya perlu pertimbangan yang matang dan jangan sembarangan mengajukan saja tanpa memahaminya. Dengan demikian, membuat Anda akan lebih mudah dalam mencegah tindakan yang merugikan. 

Perlu diperhatikan mengenai beberapa syarat pengajuan, paling banyak memang pinjaman online hanya membutuhkan KTP saja. Tetapi, biasanya ada beberapa syarat pendukung yang harus dilewati dan dipahami secara menyeluruh. Pastikan Anda membaca semua kebutuhan yang ada, sehingga tidak mudah terjebak nantinya. 

4 Tips Terhindar Pinjaman Online Ilegal

3. Suku Bunga Pinjaman 

Apabila Anda mengajukan pinjaman online memang suku bunga akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengajuan lewat bank. Hal ini kebutuhannya berbeda dan nominal pinjaman yang diberikan pun juga berbeda drastis. Tidak heran, suku bunga yang diberikan oleh pinjaman online sangat tinggi dalam menentukannya kepada setiap nasabah. 

Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman online, suku bunga menjadi pertimbangan paling penting agar tidak salah langkah kedepannya. Pahami dengan jelas mengenai ketentuan yang diberikan, sehingga apabila ada beberapa poin dan tidak tercantum secara tidak jelas Anda bisa bertanya langsung atau membatalkan pengajuan pinjaman. 

Pada tahap ini jika Anda terlalu memaksa akan menggunakannya, maka ada banyak permasalahan yang akan terjadi nantinya. Jangan sampai Anda terjebak dengan beberapa kemudahan, namun pada akhirnya membuat Anda mengalami kerugian besar. Oleh karena itu, semuanya harus bijak dan tepat dalam menentukannya. 

Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menentukan mengenai suku bunga dari pinjaman online itu maksimal 14 persen per bulannya. Apabila masih masuk dan sesuai dengan kebutuhan yang didapatkan, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

4. Penagihan Tidak Ada Etika

Mungkin Anda akan menemukan beberapa permasalahan dalam pinjaman, salah satunya terlambat dalam membayar. Namun, jika Anda mengajukan pinjaman lewat pinjol terpercaya permasalahan ini akan jauh lebih mudah untuk diterima. Karena semua prosesnya telah sesuai standar dan tidak ada kata ancaman dalam meminta pelunasan kepada nasabah. 

Terlambat membayar dalam hutang memang tidak diperkenankan, tetapi semuanya harus berdasarkan pada ketentuan dan standar yang ada. Apabila Anda meminjam pada pinjaman online, maka proses tagihan akan dilakukan secara paksa dan ancaman. 

Bahkan, tidak sama sekali mengindahkan etika yang ada dan nasabah merasa ketakutan atas permasalahan tersebut. Pada tahap ini, kebutuhan yang harus dilakukan penting dipertimbangkan dan melihat legalitas pinjol tersebut. 

Itulah beberapa tanda-tanda yang harus Anda lihat sebelum mengajukan pinjaman online. Dengan demikian, prosesnya tidak membuat Anda terjebak dan mengalami banyak permasalahan yang akan dihadapi nantinya.