Melihat Daftar Sanksi yang Diterima Rusia

Melihat Daftar Sanksi yang Diterima Rusia

Konflik antara Rusia dan Ukraina memberikan banyak dampak, khususnya untuk Rusia sendiri yang telah mendapatkan beberapa sanksi dari negara-negara barat. Hal ini atas dasar penyerangan Rusia ke Ukraina secara langsung, sehingga membuat banyak negara merasa tindakan tersebut akan berdampak panjang dan melebar. 

Adanya pemberian sanksi yang diberikan oleh banyak negara sebenarnya ditujukan agar konflik yang terjadi tidak terus menerus terjadi dan segera kondusif. Namun, permasalahan ini masih terus berlangsung dan Rusia juga masih kokoh untuk tetap menyerang. Lantas, apa saja beberapa sanksi yang didapatkan oleh Rusia? Simak yuk penjelasannya. 

Sanksi-Sanksi Rusia

1. Amerika Serikat

Negara paman sama termasuk paling vokal dalam memberikan beberapa sanksi kepada Rusia, karena merasa negara tersebut tidak seharusnya melancarkan serangan ke Ukraina. Ada banyak sanksi yang diberikan oleh AS, mulai dari pembatasan penggunaan layanan operator seluler dari perusahaan Rusia di Amerika Serikat. 

Adanya pembatasan ini membuat Rusia akan mempengaruhi pendapatan negaranya, sehingga Amerika mencoba untuk melarang penggunaan operator seluler bernama Rostelecom tersebut. Bukan hanya ini saja, ternyata Amerika juga telah banyak memberikan beberapa sanksi yang akan diterima oleh Rusia. 

Terutama pembatasan dalam kebutuhan ekspor untuk teknologi kelas atas, pembatasan transaksi terhadap bank Rusia, dan saham gabungan Rusia di Amerika. Semuanya ini sebagai bentuk sanksi yang diberikan, sehingga membuat Rusia merasakan dampak ekonomi yang panjang dan tidak bisa melanjutkan konflik di Ukraina. 

2. Uni Eropa 

Tidak hanya Amerika Serikat saja, namun Rusia juga mendapatkan sanksi yang berat dari Uni Eropa. Negara yang berdekatan langsung dengan Rusia ini telah memberlakukan pelarangan mengenai segala transaksi dan interaksi terhadap perusahaan Rusia. Berbagai perusahaan yang sudah terjalin dilarang melakukan ekspor dan tidak adanya transaksi. 

Salah satunya yang terkena dampak adalah JSC Kalashnikov yang mendapatkan sanksi besar atas tindakan Rusia ke Ukraina. Mulai dari pembatasan ekspor teknologi tinggi dan kebutuhan transaksi dengan beberapa negara Uni Eropa. Perlu diketahui perusahaan Rusia satu ini termasuk dalam produsen senjata, baik dari pembuatan truk, kapal selam, dan lainnya. 

Tidak berhenti disana saja, ternyata Uni Eropa juga memberikan sanksi kepada Internet Research Agency, sehingga penyebarannya telah diblokir. Hal ini didasari apabila Rusia memanfaatkan perusahaan tersebut dengan menyebarkan berita tidak benar atas Ukraina. 

Sisi lainnya, Rusia juga mendapatkan pembatasan ekspor untuk barang dan teknologi yang khusus digunakan untuk militer dan kegiatan non militer. Dengan demikian, negara-negara Uni Eropa memberikan banyak batasan terhadap Rusia. 

Melihat Daftar Sanksi yang Diterima Rusia

3. Inggris atau Britania Raya

Daftar negara selanjutnya yang didapatkan oleh Rusia adalah sanksi yang diberikan oleh Britania Raya. Perdana Menteri Boris Johnson menanggapi serangan Rusia ke Ukraina dengan memberikan 10 poin sanksi yang akan diterima. Ada banyak sanksi yang diberikan, sehingga beberapa strategi diharapkan Rusia menghentikan serangannya. 

Inggris menyatakan telah melakukan pembekuan terhadap dua bank terbesar di Rusia dan telah melakukan pemblokiran terhadap perusahaan-perusahaan Rusia di Inggris. Bahkan, maskapai penerbangan Rusia bernama Aeroflot saja telah mendapatkan larangan terbang dan tidak diperbolehkan mendarat di wilayah Britania Raya. 

4. Kanada

Negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat ini juga tidak tinggal diam dan turut memberikan sanksi untuk Rusia. Bahkan, sanksi yang diberikan jauh lebih spesifik dan jelas atas serangan yang dilakukan. Pada tahap ini, Rusia akan mendapatkan sanksi dari Kanada dari individu dan entitas yang bertanggung jawab langsung atas penyerangan. 

Ada beberapa daftar yang diberikan, mulai dari 58 individu dan entitas rusia dilarang masuk ke Kanada, termasuk didalamnya bank, keluarga, dan elit keuangannya. Bahkan, Kanada juga memberikan beberapa sanksi dengan anggota Dewan Keamanan Rusia. Bukan tidak menutup kemungkinan, Kanada juga akan memperluas sanksinya tersebut. 

Termasuk dalam ekonomi, Kanada telah memberhentikan dan membatasi ekspor ke Rusia serta melakukan pemotongan terhadap jaringan keuangan melalui SWIFT. Bagian ini termasuk yang paling besar dan diharapkan Rusia terkena imbasnya atas penyerangan yang dilakukan tersebut. 

5. Australia

Tidak tinggal diam, Australia juga turut memberikan sanksi terhadap Rusia atas serangannya kepada Ukraina. Melalui Perdana Menteri Scott Morrison, Australia memberikan beberapa sanksi untuk Rusia, paling besar yang didapatkan mengenai adanya larangan perjalanan dan memberikan konsekuensi keuangan langsung kepada 8 Dewan Keamanan Rusia. 

Sisi lainnya, Australia juga memberikan batasan mengenai investasi pada bank Rusia di Australia, sehingga pergerakannya benar-benar terbatas. Bahkan, Australia juga turut langsung memberikan sanksi kepada Putin, anggota parlemen, dan oligarki Rusia atas penyerangan masih yang terus dilakukan oleh Rusia tersebut. 

Nah, itulah beberapa daftar sanksi-sanksi yang diterima oleh Rusia. Hal ini diharapkan Rusia menghentikan penyerangan dan tidak ada lagi konflik terjadi. Namun, melihat perkembangan yang ada, rasanya Rusia terus melakukan penyerangan terhadap Rusia. Kita tunggu saja pergerakan kedepannya.